Jumat, 28 Januari 2011

Koleksi Daun Daun Kering ^^

Ketika saya lagi bungang bengong di depan komputer ga tau mau ngapain [karna saking banyaknya yang harus dikerjain], tiba-tiba saya teringat pada koleksi-koleksi saya.

Sebagai pengetahuan untuk teman-temen aja yaa, saya punya 2 buah koleksi.
Yang pertama koleksi perangko-perangko, yang artinya saya seorang filatelis dan satu lagi koleksi daun-daun kering.
Agak aneh dengan koleksi yang saya sebutkan terakhir??
Naaahhh, makanya kali ini saya akan bercerita tentang koleksi daun-daun kering saya ini.

Banyak orang bilang kalau daun-daun kering itu mengganggu pemandangan, yaaa emang bener sih, apalagi kalau berserakan di jalan. Ganggu banget deh.
Tapi, kalau kita sengaja mengeringkan daun-daun itu, maka daun-daun tersebut akan terlihat indah.
Kalau istilah kerennya itu "HERBARIUM".



Saya mulai mengoleksi daun-daun kering sejak SMP, hal ini disebabkan karena Oma saya mewariskan koleksi beliau pada saya. Yaaa, jadi kaya koleksi turun temurun gitu deh..

Lalu lalu.. Bagaimana caranya ??


Berikut adalah cara mengeringkan daun ala Ica :

1.  Pilih daun segar yang mau kamu keringkan, usahakan daun yang bentuknya lucu.

2.  Petik daun tersebut

3.  Cari satu buah buku tebal yang kira-kira tidak terpakai

Buku yang saya pakai untuk menyimpan daun

Ketebalan buku yang saya pakai

4. Buka buku tersebut, dan selipkan daun yang sudah dipetik ke dalam buku

cara saya menyelipkan daun di buku


5.  Tunggu selama beberapa tahun, dan lihat hasilnya ^^

Daun Ganja, eh Daun Paria

ah, saya lupa namanya

Daun Tanduk Rusa


Bunga Anggrek

Bunga Anggrek Bulan

Koleksi Bunga Anggrek Kering

Karena terlalu lama disimpan atau kurang hati-hati dalam mengambil daun, beberapa daun bisa rusak. Semakin lama disimpan, daun akan semakin rapuh, sehingga mudah rusak.

contoh daun yang rapuh

Jadi dalam penyimpanan dan pengambilan daun harus hati-hati agar tidak mudah rusak. 
Jangan lupa untuk menyelipkan nama daun yang dikeringkan. ^^

Sekian cerita saya kali ini, semoga bisa menambah pengetahuan teman-temen ^___^

10 komentar:

  1. hmmm.. kl saya usul, bagusnya ditempel aja Mbak....

    saya juga punya koleksi daun kering kayak gini...

    BalasHapus
  2. lah beberapa tahun'y itu neng lama bgt :(

    BalasHapus
  3. Kalo menurut hemat saya, pengeringan daun akan lebih indah kalo pemilihan daunnya juga tepat. Coba adakan eksperimen dengan cara mengambil beberapa sample daun untuk diteliti, sehingga hasil dari pengeringan daun dilihat dari pemilihan daunnya menjadi penelitian mendalam tersendiri. Hasilnya pun akan kita bandingkan antara sample daun tersebut. Berawal dari iseng-iseng atau hobi bisa jadi ilmuan atau minimal peneliti lhoo..

    BalasHapus
  4. pengen nyoba juga mbak. tapi takut nanti malah jadi busuk?
    salam kenal:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ga akan busuk ko. bunga anggrek aja yang waktu dimasukin ke buku keluar air, ga jadi busuk. selamat mencoba dan salam kenal juga :)

      Hapus
  5. Subhanallah… takjub pada kebesaran Allah, betapa indah melihat daun-daun kering berjatuhan ditiup angin begitu ringan melayang perlahan jatuh ke tanah, telah usai tugasnya menjalani kehidupan.. saat daunnya berubah dari hijau muda menjadi hijau tua, menguning, kering kemudian gugur meninggalkan dahan serta batang pohon, kembali luruh ke tanah menjadi pupuk yang diserap akar..
    seperti itulah kehidupan kita.. ada waktunya kita harus meninggalkan keluarga, saudara, sahabat, suami/istri serta anak untuk kembali menghadap sang Khalik…..

    BalasHapus
  6. unik banget,,sepertinya menarik..

    BalasHapus