Rabu, 15 Desember 2010

Yur Sayur Yur

Banyak orang yang kurang menyukai SAYURAN.
Bahkan ada yang baru liat bentuknya aja langsung bergidik..Hiiii
Kayanya jijik banget kalo liat sayur-sayuran.


Kenapa??
Apa karena tidak senikmat daging?
Atau tampilannya tidak se-memikat junk food?

Padahal, tahukah Anda bahwa sayur-sayuran itu mengandung sangat banyak sekali gizi dan non-gizi yang bermanfaat.

Kandungan gizi yang penting pada tanman sayur adalah karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral.
Semantara itu, kandungan non gizi yang sangat dibutuhkan adalah serat, klorofil, oksigen (segar), alkaloid, minyak asiri, saponin, polifenol, tannin, dan senyawa-senyawa organik lainnya.

Teruuus, buat apa sih kandungan gizi dan non gizi buat tubuh kita??

Kandungan gizi berfungsi memenuhi kebutuhan gizi tubuh untuk sehat. Kandungan non gizi berfungsi membuat tubuh seimbang dengan memperlancar fungsi pencernaan dan peredaran darah, memperkuat fungsi-fungsi organ, serta memperkuat daya tahan tubuh selular, yakni kemampuan tubuh dalam mempertahankan diri terhadap serangan penyakit.

Masih belum mau mengakui dahsyatnya sayuran ?

Ayo dilanjutkan bacanya, biar semua kebaikan sayur dapat Anda ketahui ..
Nih dikasih sedikit bocoran mengenai manfaat sayuran untuk kesehatan :

Anti Kanker
Siapa yang ga tau penyakit kanker?? Kanker adalah tumor ganas yang secara klinis berupa benjolan yang bertambah besar dan tumbuh tidak terkendali.  Naaah, sayuran anti kanker adalah asparagus, leunca, wortel, bawang putih, brokoli, tauge, tomat, buncis, daun singkong, jagung, daun pepaya, paria. dan seledri.


Anti Diabetes
Diabetes adalah penyakit yang disebabkan menurunnya hormon insulin yang diproduksi kelenjar pankreas. Biasanya penderita diabetes selalu merasa haus. Lalu, apakah sayuran yang anti diabetes?? Ada tomat, paria, jamur kuping, bawang merah, buncis, dan seledri.

Anti Sembelit
Hehe. Sembelit tuh penyakit susah BAB alias Buang Air Besar. Buat penyakit ini dibutuhkan sayuran yang memiliki serat tinggi, seperti jagung, daun pepaya, berbagai jamur, sawi hijau, wortel, dan kacang panjang.

Anti Diare
Yang kena diare biasanya sering BAB, terus fesesnya encer, sama mules. Hihi. Dapat ditangani oleh sayuran asparagus, bawang merah dan putih, leunca, dan mentimun.

Anti Rematik
Rematik = sakit otot. Anti rematik diperoleh dari kandungan kalsium. Sayuran yang kaya kalsium adalah daun pepaya, daun singkong, bayam merah, bawang putih, jagung, dan takokak.

Anti  Insomnia
Biasanya mahasiswa yang lagi banyak tugas yang menderita penyakit ini. hehe. Cobain deh sayuran kol dan bawang-bawangan untuk mencegahnya.

Pengontrol berat badan
Buat para wanita yang pengen berat badan terkontrol silahkan konsumsi makanan yang kaya akan serat, air, dan berkalori rendah. Seperti jagung, asparagus, kembang kol, dan kubis.




Penunda proses penuaan
Yang pengen tetep terlihat muda, penuaan dapat diperlambat dengan mengkonsumsi tanaman sayur, seperti tauge, lobak, wortel, mentimun, dan seledri.

dan masih banyak lagi. hihi.
Yang pasti kalau pengen sehat usahakan dengan menyeimbangkan lauk dan sayur, serta tidak lupa olahraga.
Saya sendiri senang mengkonsumsi sayur walau tidak semua jenis, paling tidak dalam sehari ada sayur yang masuk ke dalam tubuh.
Kalau masih merasa jijik, coba dengan mengolah sayur tersebut dengan tampilan yang menarik dan rasa yang enak. Hehe.
Sehat itu mahal loohh..

1 komentar:

  1. haha iya bener,saya juga kurang suka sama sayur...tapi makasih yah info manfaat dari sayur

    BalasHapus