Rabu, 11 April 2012

Orang Sunda (Tak) Fasih Berbahasa Sunda

Orang yang lahir dan besar di Jawa Barat biasa disebut sebagai orang sunda. Orang sunda dalam kesehariannya biasanya menggunakan bahasa sunda.
Saya lahir dan besar di kota Bandung, ibu kota Jawa Barat, berarti saya orang sunda. Tapi, saya tidak fasih berbahasa sunda.
Kenapa??
Oke, saya memang lahir dan besar di Bandung. Tapi dalam keseharian saya jarang menggunakan bahasa sunda bahkan di rumah pun saya jarang menggunakan bahasa sunda.

Saya punya pengalaman yang seharusnya tidak terjadi jika saya fasih berbahasa sunda.
cekidot..
Saya dimintai tolong oleh Ibu pergi ke warung untuk beli minyak goreng. Inilah percakapan saya dengan ibu warung.
Saya : bu, beli minyak goreng 1 liter
Ibu Warung : sakedap nya neng
Saya : iya
Ibu warung melayani beberapa pembeli yang sudah datang sebelum saya, setelah itu barulah beliau melayani saya.
Ibu Warung : neng, tadi teh lisah na sakumaha?
Saya : *bengong*
Pembeli yang lain mulai memperhatikan saya, karena saya tidak menjawab pertanyaan ibu warung. Mengira saya tidak mendengar pertanyaan Ibu Warung, pembeli yang lain pun mencoba menanyakan lagi pada saya
Pembeli Lain : neng, meser lisah na sakumaha?
Saya : mmhh, saya bukan mau beli lisah tapi mau beli minyak goreng.
Dan langsunglah semua pembeli beserta ibu warung ketawa ngakak.
Ibu Warung : neng, lisah teh minyak goreng
Saya : ooooh, hehe *malu*

Contoh lain terjadi ketika saya KKN

Saya dan teman-teman KKN saya pergi ke salah satu rumah warga sebut saja ibu Mawar. ketika sampai di rumahnya,yang buka pintu adalah saudaranya sebut Y.
Saya : Assalamu’alaikum
Y : Waalaikumsalam
Saya : Maaf bu, kalau ibu Mawar nya ada ?
Y :  ibu Mawar na nuju ka serang
Saya: oh, dari kapan ya?
Y : ti enjing-enjing da
Saya : kalau pulangnya kapan?
Y : ah sonten ge uih
Saya : ya udah nanti ke sini lagi
Saya dan temen-temen pun berencana datang lagi nanti sore. Sebenernya saya sempet mikir, ko pergi ke serang (banten) bentar banget, pergi pagi, sorenya udah pulang lagi. Tapi karena temen-temen saya cuek, ya saya pun tiis-tiis aja.
Dan sorenya kami pergi lagi ke rumah ibu mawar. Dan ternyata bener Ibu mawar udah ada di rumah. Saya pun memberanikan diri bertanya.
Saya : bu, ada apa pergi ke serang?
Ibu Mawar : ya kerja atuh neng, tiap hari juga ka serang ibu mah
Saya : *bengong* bolak-balik bu?
Ibu mawar : iya
Akhirnya temen-temen saya sadar bahwa ada miss communication antara saya dan ibu mawar. Temen saya pun bertanya pada saya.
Temen : Ca, ari kamu ngira serang teh apa?
Saya : serang banten kan?
Dan langsunglah semua orang yang ada di situ ketawa ngakak, termasuk ibu mawar.
Temen : *sambil nahan ketawa* ica, serang itu bahasa sunda dari sawah.
Saya : ooooh, hehe *malu*

Yaa, begitulah sebagian kecil kisah dari orang yang ngakunya orang sunda tapi miskin perbendaharaan bahasa sundanya. Tapi sekarang saya belajar ko sedikit demi sedikit demi harga diri saya, muahaha.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar