Rabu, 27 Oktober 2010

Jadi GURU itu (gak) GAMPANG !!

Berawal dari ketersesatan saya masuk di Pendidikan Ilmu Komputer UPI.. program studi yang memang tujuannya untuk menghasilkan lulusan-lulusan yang nantinya akan menjadi guru TIK.

Awal masuk, rasanya sedih banget.. secara cita-cita saya waktu lulus SMA adalah kuliah di farmasi U***D. Tapi, karena selama ini berdoa agar saya selalu diberikan yang terbaik oleh Allah maka saya yakin bahwa program studi inilah yang terbaik untuk saya, dan mulailah saya berjuang.

Dimulai dengan mata kuliah umum seperti matematika, fisika, biologi, kimia sampai ke olahraga pun dijalani dengan semangat. Tujuan saya waktu itu adalah saya HARUS bisa, malu sama teman-teman yang datang dari jauh (luar kota Bandung) yang semangatnya luar biasa.

Dan perjuangan berlanjut sampai dengan sekarang, semester 5. Perjuangan makin berat ditambah dengan hambatan yang juga dirasa semakin berat. Pengennya sih semua hambatan itu ga dirasa dan terus maju tanpa mengeluh, tapii da kerasa. Hheu. Walaupun sering bilang “SEMANGAT” ke diri sendiri, tetep aja ga semangat. Huft

Dan sekarang saya sedang mencari pengalaman dengan mencoba “ngajar”. Ga langsung ke murid sekolah sih, tapi ke adik angkatan. Ternyata “ngajar” itu ga gampang. Saya dulu pikir bahwa “ngajar” itu gampang, tinggal memberikan ilmu yang sudah kita dapat sebelumnya ke mereka. Tapi ternyata ga semudah itu, saya merasa memiliki tanggung jawab untuk membuat mereka bisa dan paham dengan materinya. Rasanya ada yang mengganjal, kalo ada beberapa orang yang kurang paham dan merasa tidak terpuaskan dengan cara saya “ngajar”. Huhu.

Ketika “ngajar”, kreatifitas kita benar-benar diuji. Karena kita harus pintar-pintar mencari cara “ngajar” yang tidak membosankan dan dapat membuat peserta didiknya mengerti. Dan itu TIDAK MUDAH. Belum lagi, harus mengeluarkan suara lantang ketika memberikan materi. Apalagi jika dalam sehari harus ngajar beberapa kelas sekalipun. *salutpisan*.

Untuk guru-guru yang pernah mengajari saya di sekolah, saya ucapkan terima kasih. *amatsangatberterimakasih*

Jadi bersemangat untuk menjadi seorang Guru yang baik dan benar ^^
Dan tidak akan pernah ada lagi kata TERSESAT masuk ke Pendidikan Ilmu Komputer UPI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar