Minggu, 10 April 2011

Ikan - Ikan Penghilang Stress

Waah, udah lama ga nulis lagi.. Maafkan.
Selain memang tugas kuliah yang bejibun, koneksi internet juga sedang susah didapat. Huh.

Dan, sekarang saya punya binatang peliharaan. Haha.
Kenapa mendadak punya binatang peliharaan?
Padahal selama ini saya seperti anti terhadap binatang apapun.
Ya ya ya, saya juga ga tau, tapi yang pasti saya sangat ingin punya binatang peliharaan, bahkan sampai terbawa mimpi. Lebaaaay. Eh, tapi ini serius, saya emang sampai mimpi gara-gara pengen melihara binatang.
Dan binatang yang kurang beruntung untuk saya pelihara adalah Ikan. Oh, tidak, saya ralat. Ikan adalah hewan beruntung yang saya pilih untuk saya pelihara.. Hohohoho.

Kenapa ikan?
Jawabannya cuma satu. Karena mereka ga punya bulu atau rambut di sekujur tubuhnya.
Kenapa? Tak usah dibahas.

Ikan pertama yang saya beli adalah 5 ekor ikan Mickey Mouse.

http://z.about.com/w/experts/Fish-1472/2009/03/Mickey-Mouse-Platy.jpg

Lihat corak hitam yang terdapat di ekornya, menyerupai bentuk kepala mickey mouse kan?


Alhamdulillah, ternyata semangat saya yang menggebu-gebu untuk memelihara ikan ikut menulari adik, kakak, dan oma saya. Maka kami bergotong royong untuk membersihkan dan meramaikan aquarium yang sebelumnya tak pernah dihiraukan.

Ehm, sedikit bercerita mengenai aquarium itu..
Sebenarnya, aquarium itu sudah memiliki penghuni 1 ekor ikan … (namanya ikan ninety nine yang saya panggil dengan ikan NN), dan 2 ekor udang.
Ikan NN ini galak minta ampun.. terbukti dengan banyaknya ikan kecil yang dimakan olehnya. Termasuk 2 udang yang terus menerus dia teror. Maka dengan sangat senang hati, ketika saya beli ikan baru, saya memindahkan ikan NN ke tempat lain, saat ini masih disimpan di kaleng bekas cat. Oh, maafkan ikan NN, matak ge tong galak-galak teuing jadi we dirimu tak disukai.. Hahahaah
Dan tahukah anda, ketika saya melihat kondisi 2 udang yang malang itu, salah satu dari udang itu mengalami cacat permanen [salah satu capitnya hilang], menurut keterangan dari saksi mata, capitnya dimakan oleh Ikan NN, sementara yang satunya lagi jadi memiliki potongan kumis yang kurang simetris. Huh. Tega Pisan.

Okey, kembali pada 5 ekor ikan mickey mouse (yang saya panggil dengan ikan MM).
Setelah aquarium dibersihkan dan memindahkan salah satu penghuni lamanya ke tempat baru, maka saya memindahkan 5 ekor ikan MM ke aquarium. Dengan ditemani 2 udang yang malang, 5 ekor ikan MM resmi menjadi penghuni aquarium di rumah saya. Tadaaa..

Dan untuk meramaikan suasana biar ga sepi kaya di kuburan, kaka saya membelikan 3 ekor ikan sumatra [yang saya panggil dengan ikan SM]
http://4.bp.blogspot.com/

dan saya membeli 3 ekor ikan Sunset [yang saya panggil dengan ikan SS], 


http://uhaweb.hartford.edu/TAMISO/sunset.jpg

lalu adik saya ikut membelikan hiasan aquarium, “Biar ikannya ga stress teh..”, begitu kata adik saya.

Dan kemarin Jaka beliin saya ikan lagi + batu-batu untuk menambah keindahan akuarium.
4 ekor Swordtail
http://www.fishchannel.com/images/article-images/swordtail-500.jpg

dan 1 ekor ikan Sapu-Sapu albino buat bersih-bersih.
ternyata malam harinya, ibu saya membelikan 2 ekor ikan neon tetra. 
http://static.howstuffworks.com/gif/neon_tetra-16.jpg
Asiik, Akuarium saya makin semarak.

Namun, sepertinya jika ikan sumatera sudah mulai besar, ikannya akan saya pindahkan. karena ikan sumatera adalah ikan yang jail, karena suka colek-colek ikan yang lain dan lebih parahnya lagi ikan sumatera suka menggigit sirip ikan yang lain. 
Sediih.

Ikan-ikan ku Selamat Datang di Kehidupan Ca..
Hoho

6 komentar:

  1. halo mbak...salam kenal...saya juga hobi piara ikan...ada discuss,neon tetra,sapu2 albino,sumatra,sapu2 india,mickey mouse dan msi byk lagi,,,emg mbak,,ikan sumatra tergolong ikan nakal...jdi mesti dipisahin dgn yg lain,,,jdi klo mw rame ya ad akuarium khusus ikan baek,ad yg bwt ikan nakal jgi seru dah tuh meliharanya...

    BalasHapus
  2. oh oke oke, sekarang ikan sumateranya tinggal 1, karna mati setelah dipindahin ke aquarium yang lain. aku pindahin soalnya sekitar 15 ikan kecil yang aku beli mati semua dalam jangka waktu seminggu, ada yang ga ada buntutnya, ada juga yang utuh matinya. sampai sekarang masih bingung kenapa bisa ada mati massal gitu??

    BalasHapus
  3. kalo mao ikan kerumah saya aja,, buannyak, ada macem2,, ternak sih soalnya

    BalasHapus
  4. @kebon manggis betta :: oh oke oke, lokasinya dimana?? ternak ikan apa??

    BalasHapus
  5. Menarik juga,klo sy ad ikan arowana silver brazin n 9 ikan NN.tp di tmpat yg terpisah.sy jg pnggemar ikan unt hlangkan pusing tiap plng krja...

    BalasHapus
  6. ikannya bagus-bagus,,jadi pengen

    BalasHapus