Rabu, 10 November 2010

Nguping dan Sensasi UN

Beberapa waktu lalu, ketika saya pulang dari kampus. Saya naik angkot jurusan Kalapa – Buah Batu.
Ketika saya naik, sudah ada 5 orang siswa-siswi salah satu SMA negeri di dalam angkot. Obrolan mereka yang sangat ‘rame’, membuat saya mau tidak mau untuk mendengar pembicaraan mereka, yah kalo bahasa halusnya mah menguping dengan tidak sengaja. Hhe. Tapi yang namanya nguping mah tetep aja nguping.

Berikut beberapa petikan obrolan mereka :

“Duh, UN bentar lagi ih. Gimana ya?? Takut.”
“Iya banget ih.. Ya Allah. Serem.”

“Sumpah ya, takut ga lulus pisan”


Kalau melihat dari rincinya saya menceritakan beberapa kalimat dari mereka, jelas sekali kalo saya menguping dengan serius. Hha.

Lanjuut..
Hmm.. dari hasil analisa saya, mereka pasti anak SMA kelas 3. Ya iyalah, mau UN gitu.. dan saya yakin juga mereka pasti lagi dag-dig-dug-der setiap denger kata UN alias Ujian Nasional. Karena itu pula yang saya rasakan sekitar (kurang lebih) 2 tahun yang lalu, waktu saya duduk di bangku kelas 3 SMA.

Mari mengingat masa-masa SMA kelas 3 ..



Setiap mendengar kata UN rasanya perut saya mendadak mules. Hadooohh. Pengen banget saya tidur, terus bangun-bangun UN sudah terlewati. Pokonya mah saat itu saya ngerasa bahwa beberapa bulan menjelang UN adalah hari-hari yang menyiksa.

foto diambil dari http://petamasadepanku.net/

Males makan, susah tidur, bawaannya pengen belajar terus, les sana – les sini, fotocopy soal ini – itu, nyari link anak dari sekolah lain (tau lah ya, maksudnya buat apa..). Pokonya semua panca indera terus waspada dalam mempersiapkan hari maha besar itu tiba. Ga lupa berdoa sama Allah SWT. Setiap shalat, selalu mohon diberikan kemudahan dan kelancaran saat melaksanakan UN. Terus juga ikutan doa bersama yang diadain sekolah (nangis-nangis sambil maaf-maafan sama temen-temen seperjuangan).

Dan setelah beres UN tuh rasanya ngem-plong banget.. serasa telah melepaskan sedikit beban yang ada di pundak. Sedikit ?? Ya iyalah, hasil UN nya kan belum keluar, jadi masih deg-degan aja..

Kembali ke obrolan anak-anak SMA di angkot. Saya kutip lagi beberapa obrolan mereka :

“Udah beres UN masih ada SNMPTN ma USM lagi”
“O,iya ya.. Ih, pengen cepet lulus SMA”
“Iya, aku udah kebelet jadi mahasiswa nih”


Kutipan obrolan di atas, semakin menegaskan kalo saya semangat untuk nguping. Hihihi.

Hmm..tapi emang bener banget. Berdasarkan pengalaman saya, beberapa bulan menjelang UN tuh rasanya pengen cepet-cepet udahan SMA. Yah, tapi kan ga semudah membalikan telapak tangan untuk melepas status siswa SMA.

Beres UN yang luar biasa menegangkan itu, masih ada serangkaian tes buat masuk universitas.
Yaaahh, masih harus berjuang lagi deh.. (itu pikiran saya yang baru aja lulus SMA dan pengen banget kuliah). Padahal walaupun udah lulus SMA, uda lulus SPMB, UM, USM, dan berbagai tes lainnya. Perjuangan itu masih amat sangat panjang. Karena hidup adalah perjuangan guys.. heuheu. Kerasa banget sama saya sekarang, ga ada hidup kalo tanpa perjuangan.. bahkan sampai kita uda kempot juga (nini-aki).

Dan sebenarnya inti dari cerita saya ini adalah :
Saya penasaran, sampai berapa lama lagi Ujian Nasional akan membuat tegang para pesertanya ??
Krik..krik..

Saya pengen banget denger cerita anak-anak SMA kelas 3 yang pas menjelang UN tuh mukanya ga kusut dan stress.. tapi tetep cerah ceria.

Dan kutipan obrolan yang saya dengar akan menjadi seperti ini:

“Hey, UN bentar lagi. Semangat banget deh..”
“Iya, UN-nya bisa dipercepat ga ya?”

“Setuju. Aku udah ga sabar banget pengen ngelahap soal-soal UN”


Hohohoho.. kan dengernya juga enak.

Dan saya punya beberapa tips untuk siswa-siswi SMA kelas 3 yang akan menghadapi UN..cekidot !!

1. Belajar
HARUS. WAJIB. KUDU. Kalau ga belajar, mau ngapain ikut UN?? Gagayaan??
2. Berdoa
Selain berdoa menurut kepercayaan masing-masing, jangan lupa minta doa ke orang tua.
3. Percaya Diri
Ya paling ngga, mengurangi ketegangan yang tercipta di diri masing-masing.
4. Makan yang banyak
Belajar terus menerus, akan menyebabkan perut gampang lapar. Hihi.
5. Tidur yang cukup
Sesibuk apapun anda belajar, tidur mah wajib. Minimal 6 jam sehari saat malam hari dan 2 jam sehari pada siang hari.. [kebluk]. Kurang tidur dapat menyebabkan memburuknya konsentrasi saat belajar. Wkwkwk

Intinya mah maksimalkan usaha teman-teman dalam mempersiapkan hari besar itu. Semangat !!

Sekian tips dari saya. Semoga bermanfaat ^^
Tips ini original dari saya, bukan hasil browsing sana-sini, dan tanpa bantuan Om Google. Jadi, kalo kurang berkenan saya mohon maklum.

2 komentar:

  1. iya nih lucu juga kalau denger ada percakapan kayak gitu.. soalnya pernah juga kan dulu..
    mungkin sekarang sih deg-degannya soal sidang dan skripsi hhaha~

    tapi kalau saya pribadi sih lebih senang santai saja.. berusaha enggak menganggap setiap tes khusus, maksudnya setiap hari siapin buat tes, biar pas tes beneran ga kaget hhaha~

    tapi ga banget yah masih ajaa gagal kalau ada tes teh T_T
    tapi tetap dalam prinsip hidup diatas..
    Hhaha~

    BalasHapus
  2. Setiap mau menghadapi tes selalu riweuh..tapi setelah terlewati dan bagian orang lain yang menghadapi, jadi pengen ketawa..inget masa lalu.
    ^^

    BalasHapus